22 September 2012

Antara Harapan dan Masukan Untuk PLN


Siomponk.Com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memang membuatku senang karena bisa menikmati berbagai acara televisi, menikmati film, menikmati siaran radio, Minuman selalu tetap dingin di cuaca yang panas gerah, atau cemilan yang dibuat istri menggunakan peralatan yang menggunakan Arus Listrik. Malam hari juga tidak jadi kegelapan karena adanya Listrik tersebut.

Begitu juga di tempat kerja saya (Warnet & Online Game) yang memang Listrik merupakan sumber penghidupan jalan tidaknya di tempat kerja saya. Tidak bisa dipungkiri lagi Listrik sudah merupakan Urat nadi dari kehidupan manusia dimuka bumi ini. Entah itu Listrik tenaga air, tenaga udara, tenaga Nuklir, tenaga Gas, dan yang lainnya.

Tapi ada juga yang membuat saya sebal kepada PLN karena mati mendadak tanpa pemberitahuan, atau seringnya mati dari pagi sampai sore (± 7 jam) yang katanya sedang dalam perbaikan jaringan. Jelas saja tempat kerja saya mengalami devisit yang sangat besar, karena menang tempat kerja dimana saya kerja tidak menyediakan Genset. Mungkin juga ksalahan ada pada pihak kami juga karena tidak menyediakan Genset. Sehingga dengan matinya PLN secara mendadak kemudian muncul istilah PLN (Perusahaan Lilin Negara).



Kemudian tentang Program yang diadakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), saya sangat mendukung sekali. Terutama Energi Listrik karena Energi listrik juga akan bisa habis. Maka menggunakan Listrik seperlunya, matikan jika sudah tak diperlukan memang sangat dianjurkan sekali.

Teringat saya saat kecil dikampung, dimana penerangan jalan menggunakan lampu "senthir", kemudian di dalam rumah menggunakan lampu "teplok" atau "Petromax" sehingga nyaman untuk belajar juga. Tapi sekarang sudah sangat dimudahkan dengan adanya PLN yang masuk desa (Listrik Masuk Desa), sehingga penerangan jalan lebih sangat terasa juga dari berbagai bidang jadi dipermudahkan dengan adanya Listrik tersebut. Seperti saat mau mandi gak perlu harus "ngangsu" dulu menuhin bak mandi, sekarang tinggal "ceklek" air dari pompa pun mengalir.



Dari postingan saya kali ini ada beberapa masukan saya untuk PLN:

1. Bersihkan para karyawan/pekerja PLN dari masalah KORUPSI
Karena saya sering mendengar kasus untuk pemasangan jaringan baru diperlukan waktu yang lama, jika menggunakan uang lebih besar maka prosesnya akan lebih cepat. Atau jika ingin menambah daya, jika uang yang disetorkan lebih besar maka lebih cepat akan dikerjakan. Pada kasus lain tidak adanya daftar harga yang jelas dan juga tarif berbeda-beda di tiap wilayah untuk pemasangan jaringan baru atau penambahan daya arus listrik.

2. Bersihkan "Jaringan Setan" disetiap wilayah.
Banyaknya oknum PLN yang memberikan "jaringan setan" kepada masyarakat yang nantinya uang akan masuk ke dalam kantong oknum PLN yang memasangkan "jaringan setan" tersebut. Jaringan tersebut biasanya ada di tempat padat penduduk, misal tempat Kost, Asrama, Perkampungan, dan perumahan.

3. Sosialisasi atau Pemberitahuan Kurang
Saat Listrik akan dipadamkan dalam proses perbaikan jaringan (mengganti tiang, mengganti keramik, dll) akan dilakukan masih kurangnya pemberitahuan kepada masyarakat sehingga membuat warga atau masyarakat kecewa. Dianjurkan 2 hari sebelum hari-H maka info pemadaman disebarkan baik lewat Koran Lokal, juga surat edaran yang bisa disebarkan melalui ketua RT/RW setempat tempat pemadaman akan berlangsung.

Semoga saja dari masukan saya untuk PLN tersebut membuat Listrik selalu ada untuk beberapa ratus generasi setelah saya dan berkurangnya angka kebakaran karena terjadinya Arus Pendek, karena setiap terjadi kebakaran yang pasti dijadikan kambing hitam pertama adalah Arus Pendek Listrik.

Harapan saya untuk PLN adalah selalu setia melayani masyarakat tanpa perlu memandang status dan kekayaan pelanggannya. Berikan yang terbaik untuk Masyarakat maka dengan sendirinya masyarakat juga tidak akan melupakan kewajibannya kepada pihak PLN.



Pesan saya:
Mari kita gunakan Listrik seperlunya, matikan jika sudah tidak diperlukan.
Hemat Energi dari sekarang demi anak cucu kita kelak...

Semoga postingan saya ini bisa berguna khususnya untuk PLN dan untuk kita semua umumnya.
Salam...

Nb: Gambar-gambar ilustrasi diatas diambil dari Google merubakan sebagai salah satu "sentilan" untuk PLN untuk lebih mengerti tentang masyarakat menengah kebawah.

Postingan ini diikutkan kedalam kontes blog yang diadakan oleh PLN dengan tema : Harapanku Untuk PLN
Previous Post
Next Post

Seorang publisher blogger asal kota Jogjakarta yang mencoba mencari jati dirinya dan yang selalu belajar dalam hidupnya. Sangat menyukai ungkapan
"Jangan lihat dari siapa kebenaran itu datang, tapi lihatlah isi dan makna dari kebenaran itu."

0 komentar:

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.