Advertising

Tempat Berburu Akik di Jogja



Siomponk.Com - Berburu batu akik ternyata bisa menjadi wisata yang menyenangkan. Tidak harus membeli tapi cukup melihat indahnya batu yang dikenakan kaum adam ternyata bisa membuat hati dan mata damai.


images by satrio74.wordpres.com

Batu akik mampu menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini. Semua pria tak terkecuali para pesohor seolah ingin berburu batu yang konon sebagian ada tuahnya itu.

Khusus untuk wilayah Jogja setidaknya ada dua tempat paling asik berburu batu akik. Lokasi pertama ada di Jalan Senopati atau mudahnya berada di kawasan Titik Nol Kilometer Jogja. Disini terdapat puluhan pedagang yang akan selalu siap melayani para pembelinya.

Seolah tak kenal waktu dimana siang malam mereka akan selalu berada mengikuti keramaian kota. Maklum saja sejak jaman dulu kawasan Titik Nol Kilometer ini akan selalu ramai selama 24 jam.

Para pedagang akik ini pun sebenarnya telah ada sejak jaman dulu. Tapi selama tahun 2014 lalu seolah mereka menemukan eranya. Dimana batu unik ini mencapai puncak tertinggi dicari warga.


images by sitekno.net

Harganya juga sangat bervariasi dan semua bisa disesuaikan dengan kantong. Hal ini karena harga yang dibanderol untuk masing-masing akik mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Jadi jangan pernah kuatir kalau budget tidak cukup.

Tempat kedua paling mudah menemukan pasar batu akik adalah Pasar Klitikan yang ada di Kuncen. Di tempat ini juga terdapat banyak penjual batu dengan segala keunikannya ini. Batu yang ditawarkan juga sangat bervariasi sama halnya dengan yang berlokasi di Jalan Senopati.

Letak Pasar Klitikan ini ada di Kuncen, Wirobrajan atau disebelah barat Titik Nol Kilometer, jaraknya sekitar 4 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu tak lebih dari 15 menit.


images by imgur.com

Para penjual disini biasanya tidak saja hanya menjual batu akik. Tapi mereka juga memberikan fasilitas lain seperti perbaikan batu, pemasangan "emban" atau rumah batu dan lain-lain.

Terkadang mereka juga akan menjual cincin unik yang bukan dari batu akik. Tak jarang ada juga yang jual tasbih atau benda-benda yang diyakini mengandung tuah.

Sampai saat ini setidaknya ada 5 jenis batu akik yang paling populer. Salah satunya tentu batu bacan yang juga dikenakan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu masi ada 4 jenis lagi yakni Akik Gambar, Kalimaya, Kalesedon dan Idocrase.


sumber: kanaljogja.com


▶ INFO ARTIKEL :
OLEH:
LABEL: Info,
JUDUL: Tempat Berburu Akik di Jogja
URL: http://www.siomponk.com/2015/02/tempat-berburu-akik-di-jogja.html
Loading...

Written by : - Part Time Blogger

author-photo Seorang publisher blogger asal kota Jogjakarta yang mencoba mencari jati dirinya dan yang selalu belajar dalam hidupnya. Sangat menyukai ungkapan
"Jangan lihat dari siapa kebenaran itu datang, tapi lihatlah isi dan makna dari kebenaran itu."

Follow On : Facebook | | Blogger

1 Response to "Tempat Berburu Akik di Jogja"

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.