Advertising

Pentingkah Valid HTML Pada Blog...???



Siomponk.Com - Pada saat kita mengunjungi sebuah blog, apa yang ingin anda ketahui tentang blog yang anda kunjungi tersebut..??? Kebanyakan pengunjung pasti akan mencari artikel, kemudian jika ada perlu dengan admin blog bisa ke halaman About atau Contact.

Para pengunjung tidak akan menggubris apakah blog itu Valid HTML, atau Valid CSS, ataukah SEO atau tidak semuanya persetan bagi para pengunjung. Yang penting artikelnya dan cepat loadingnya.

Tentunya anda juga tau bahwasanya para pembuat template blog khususnya blogger (blogspot) sudah ahli dalam bidang coding, tapi memang dari mesin Blogger nya yang tidak Valid HTML. Sebagai contoh adalah fitur Quick Edit, banyak yang menghilangkan bagian tersebut dan mengorbankan demi Valid-nya HTML. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan jika kita bisa menggunakan CSS untuk merubahnya.

Kemudian apakah dengan template anda Valid HTML kemudian banyak pengunjungnya...????
Ternyata TIDAK, karena hal tersebut tidak ada hubungannya dengan SEO pada blog anda. Seperti halnya penjelasan dari Matt Cutts tentang pengaruh validasi HTML terhadap SEO


Kemudian tentu anda sudah tau pula, bahwa alat perambah atau browser saat ini seperti Chrome, Mozila, Opera, dan lainnya sudah semakin canggih dan pinter, sehingga bagaimanapun berantakannya struktur kode HTML yang anda buat, akan tetap nampak pada halaman browser.

HTML5 dan SEO
Pada blognya Mas Sugeng juga pernah disebutkan banyak blogger-blogger terutama blogger pemula yang salah pemahaman terhadap Valid HTML dan HTML5. Untuk membuat kode HTML yang valid tidak harus menggunakan HTML5. Semua kode HTML, entah itu HTML5 ataupun HTML versi sebelumnya bisa divalidasi.

Khusus masalah HTML5, banyak pakar SEO yang berpendapat bahwa struktur HTML5 memiliki peranan terhadap SEO. Hal itu bisa saja benar karena pada HTML5 terdapat beberapa element-element baru yang dapat membantu web browser ataupun search engine memahami isi halaman web lebih baik atau bisa disebut juga Semantic Elements. Beberapa contoh elemen tersebut adalah: <header>, <article>, <nav>, <footer> dll.

Sebenarnya tidak jelek juga jika blog anda Valid HTML, karena memang ada perlunya pula Validasi HTML tersebut. Untuk anda para blogger biasa tentunya hal tersebut Tidak Penting, karena yang anda kejar adalah trafik pengunjung yang mengandalkan SEO. Tetapi lain halnya jika anda adalah Web Devloper, karena hal tersebut merupakan tanda ke-profesionalan anda dalam membuat tampilan atau web design.

Nah, berikut ini merupakan Manfaat Validasi HTML, yang saya dapatkan dari Mas Sugeng.
  • Validasi sebagai alat debugging
  • Validation as a future-proof quality check (yang ini gak tau terjemahannya)
  • Validasi untuk memudahkan pemeliharaan
  • Validasi membantu mengajarkan praktik-praktik yang baik
  • Validasi adalah tanda profesionalisme
Nah, jadi menurut saya Valid HTML tidaklah penting, yang terpenting adalah kontent atau isi postingan anda pada blog anda tersebut dan bagaimana anda melakukan jurus-jurus SEO yang anda pakai.

Semoga artikel Pentingkah Valid HTML Pada Blog...??? ini dapat bermanfaat untuk anda.
Salam...


▶ INFO ARTIKEL :
OLEH:
LABEL: Opini, SEO,
JUDUL: Pentingkah Valid HTML Pada Blog...???
URL: http://www.siomponk.com/2015/04/pentingkah-valid-html-pada-blog.html
Loading...

Written by : - Part Time Blogger

author-photo Hal terpenting dalam pacaran adalah bukan dari Perbedaan Umur...
Tapi yang terpenting adalah Perbedaan Kelamin...

Follow On : Facebook | | Blogger

0 Response to "Pentingkah Valid HTML Pada Blog...???"

Poskan Komentar

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.