02 April 2016

4 Fase Berduka yang Dialami Wanita Setelah Putus Cinta


Siomponk.Com - Putus cinta meninggalkan perasaan berduka yang cukup dalam. Perasaan sedih dan patah hati karena putus cinta bisa dirasakan selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Tapi tenang saja, menurut pakar hubungan, Elina Furman, perasaan berduka setelah putus cinta sebenarnya wajah dirasakan. Hal itu menjadi bagian dari proses 'penyembuhan'.

"Kunci agar bisa melewati patah hati adalah menerima bahwa Anda akan menjadi menggila untuk tiga atau enam bulan ke depan," kata Elina seperti dikutip dari Your Tango.

Umumnya wanita akan melewati beberapa tahapan sampai akhirnya bisa move on. Inilah empat fase berduka yang akan dilalui wanita setelah putus cinta, baru setelah itu Anda akan move on.

1. Fase Penyangkalan
Ada luka yang mendalam di lubuk hati beberapa hari setelah putus cinta, namun perasaan tersebut biasanya disangkal. Banyak dari wanita yang masih berusaha menghubungi, bahkan bertemu dengan mantan kekasih.

"Pada awalnya syok. Saat kamu kebiasaan melakukan rutinitas dan pola yang sama, maka rutinitas tersebut sudah tertanam di otak kita dan ada perasaan ingin meneruskannya," kata Ian Kerner, terapis seks dan pakar hubungan.

2. Fase Bingung
Dalam fase ini Anda merasa kebingungan, ada perasaan menyesal dan merasa bersalah. Perasaan campur aduk tersebut membuat Anda seperti orang yang menggila. Kerner menjelaskan, pada tahap ini wanita masih ingin dekat dengan mantan kekasihnya, tapi sudah menyadari bahwa kini mereka telah putus. Ia menyarankan agar menahan perasaan untuk ingin bertemu. Sibukkan diri dengan banyak kegiatan untuk sejenak melupakan luka hati dan perasaan sepi.

3. Fase Marah
Jika tahap pertama dan kedua telah berlalu, maka masuk tahap lebih dalam yakni kemarahan. Dalam tahap ini mungkin Anda akan merasa sangat benci dengan mantan kekasih. Meskipun tahap ini seakan lebih menakutkan dibanding tahap pertama dan kedua, para ahli setuju fase ini sebenarnya baik karena Anda bisa melepaskan kemarahan Anda.

"Untuk mengatasi kemarahan Anda, sangat penting jika Anda bersama teman-teman yang berempati. Seseorang yang menghakimi Anda karena kemarahan Anda sebaiknya jangan didekati," saran Kerner.

4. Fase Sedih Akut
Selamat datang fase kesedihan. Itu terdengar buruk. Namun Fase ini membawa kebaikan bagi Anda. "Untuk menjadikan emosi yang sehat maka Anda perlu melalui pasang surut kehidupan. Merasakan perasaan bagus untuk kita. Perasaan mendalam tersebut merupakan bagian dari kehidupan. Ini membuktikan bahwa Anda memiliki emosi yang sehat," kata Amy Spencer, pakar hubungan dan penulis buku 'Meeting Your Half-Orange: An Utterly Upbeat Guide to Using Dating Optimism to Find Your Perfect Match'.

5. Move On
Selamat! Anda sudah melalui empat fase dan pada akhirnya bisa move on. Fase akhir ini membuat Anda mulai merasa nyaman dengan kesendirian Anda. Saat melihat foto mantan kekasih atau sesuatu yang berhubungan dengan mantan, Anda bisa merasa lebih baik, tanpa ada drama yang berlebihan. Seperti yang dikatakan Spencer, pada tahap ini Anda merasa bisa melihat diri Anda menjadi orang yang lebih baik, mampu melihat masa depan yang lebih baik dan jauh lebih bahagia.



source
Previous Post
Next Post

Hal terpenting dalam pacaran adalah bukan dari Perbedaan Umur...
Tapi yang terpenting adalah Perbedaan Kelamin...

0 komentar:

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.