10 April 2016

7 Alasan Bersepeda Merupakan Olahraga Terbaik


Siomponk.Com - Bagi mereka yang malas pergi ke gym, bersepeda, renang maupun lari adalah pilihan olahraga yang menarik. Namun berenang tentu cukup sulit untuk dilakukan secara rutin atau harian. Sementara lari cukup menguras energi di tengah-tengah aktivitas kita. Jika kita adalah orang yang sibuk, lari tentu jadi pilihan yang buruk untuk olahraga.

Bersepeda tentu jadi pilihan yang menarik di antara berbagai opsi di atas. Bersepeda memiliki banyak keutamaan, mulai dari segi fisik, mental, sosial serta lingkungan. Hal ini yang membuat olahraga sepeda tak akan pernah turun tren-nya di masyarakat.

Berikut beberapa alasan mengapa bersepeda adalah olahraga terbaik.

1. Efisien

Makin dewasa dan makin bertambah umur, kesibukan kita pun makin bertambah dan makin banyak hal yang dilakukan. Namun tak perlu khawatir waktu olahragamu jadi hilang, karena selain berolahraga, bersepeda juga sarana transportasi efisien. Mengendarai sepeda ke tempat kerja ataupun ke tempat 'hang out,' tak hanya membakar kalori, namun juga dapat menyegarkan hari yang dibebani seabrek aktivitas.

Tak hanya itu, sudah banyak sekali dampak buruk kesehatan mental jika kita selalu menghadapi macet tiap hari. Memangkasnya dengan bersepeda tentu dapat memberi perubahan signifikan pada kesehatan baik fisik maupun mental.

2. Hemat uang

Harga sepeda tentu lebih murah dari motor, terlebih lagi perawatannya juga jauh lebih murah daripada kendaraan bermotor. Selain itu, dengan mengendarai sepeda, kita tak perlu mampir ke pom bensin untuk isi bahan bakar. Jadi, setiap kayuhan sepeda yang kamu lakukan, kamu menghemat uangmu sendiri.

3. Bersepeda dapat membuatmu pintar

Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda yang dijadikan latihan olahraga dalam rutinitas sehari-hari, dapat menajamkan pemikiran kita. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat mengaktifkan se-sel di otak, yang memicu saraf mendorong produksi protein.

Bersepeda juga membantu transmisi saraf untuk berkomunikasi lebih efektif satu sama lain. Sederhananya, hal ini membuatmu mengalami peningkatan dalam hal menerima informasi dan membuat konsentrasi lebih kuat.

4. Bersepeda adalah pilihan transportasi yang terbukti cukup aman

Banyak orang berasumsi bahwa bersepeda adalah hal berbahaya, terlebih lagi dilakukan di kota besar dengan kuantitas mobil dan motor yang sangat banyak. Namun secara statistik hal ini tidak benar.

Dalam statistik yang tercatat di masyarakat Amerika Serikat, masyarakat paling banyak meninggal disebabkan karena serangan jantung, di mana kemungkinan tersebut sebesar 467:1. Sementara kemungkinan meninggal diatas sadel sepeda, hanya sebesar 340.845:1. Jadi tak perlu khawatir akan bahaya bersepeda, karena justru bersepeda bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Bersepeda bisa membangun otot dengan lebih baik

Karena bersepeda mengaktifkan otot pantat, quadricep dan otot, tentu dengan bersepeda lebih sering kamu akan mendapatkan otot jadi di daerah tulang belakang hingga pergelangan kakimu.

Selain itu, secara keseluruhan otot di tubuhmu akan lebih mampu mempertahankan keseimbangan tubuh. Hal ini dapat memperbaiki postur tubuh dan kekuatan tubuh.

6. Mengendarai sepeda dapat memperbaiki suasana hati

Terdapat berbagai penelitian ilmiah yang mengungkapkan bahwa bersepeda dapat meningkatkan mood, menghilangkan stres dan merilis senyawa endorfin di otak. Hal ini sangat bisa dibuktikan dengan mencoba membandingkan ekspresi wajah pengendara sepeda, pengendara mobil serta pengendara motor. Tentu ada perbedaan besar terhadap ekspresi mereka.

7. Bersepeda dapat membakar kalori meski kamu sedang tidak bersepeda

Terdapat sebuah riset yang mengindikasikan bahwa para pesepeda akan terus membakar kalori meski dia tidak sedang bersepeda. Penelitian ini bahkan tidak dilakukan ke atlet, namun pada pekerja yang menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi pilihannya.

Hal ini dikarenakan otot kita bekerja lebih efektif jika sudah terbiasa bersepeda. Sedikit pergerakan akan membakar kalori lebih banyak ketimbang mereka yang tak bersepeda. Selain itu, para pesepeda yang sudah terbiasa ke mana-mana mengeluarkan energi untuk mengayuh, mereka akan lebih terbiasa untuk melakukan berbagai kegiatan, tanpa halangan 'mager.' Tentu hal tersebut akan membakar kalori meski kita sedang tidak di atas sadel.


source

Previous Post
Next Post

Hal terpenting dalam pacaran adalah bukan dari Perbedaan Umur...
Tapi yang terpenting adalah Perbedaan Kelamin...

0 komentar:

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.