30 September 2016

4 Indikator Keimanan


Siomponk.Com - Periksa Keimananmu dengan 4 Indikator Ini

Sebagian ahli bijak mengatakan: “Tanda-tanda keimanan kepada Allah itu ada empat, yaitu:

1. Taqwa;
2. Haya’ (punya rasa malu);
3. Selalu bersyukur; dan
4. Sabar.”

Taqwa adalah melaksanakan ketaatan kepada Allah dan menjauhkan diri dari segala macam bentuk kemaksiatan. Ada juga yang mendefinisikan bahwa taqwa adalah memelihara semua aturan Islam. Ada lagi yang mendefinisikan bahwa taqwa adalah mengikuti jejak langkah Rasulullah Saw baik dalam ucapan maupun perbuatan.

Haya’ (rasa malu) itu ada dua macam, yaitu:

Malu naluri (haya’ nafsaniy), yaitu rasa malu yang dikaruniakan Allah kepada setiap diri manusia, seperti rasa malu kelihatan auratnya atau malu bersenggama di depan orang lain;

Malu imani (haya’ imaniy), yaitu rasa malu yang bisa mencegah seseorang dari melakukan perbuatan maksiat karena takut kepada Allah ta’ala.

Syukur adalah memuji Allah yang selalu memberi kebaikan dengan menyebut-nyebut kebaikan-Nya.

Diantara bentuk sabar adalah tabah dan tidak mengeluh kepada selain Allah ketika mendapat musibah.

Berkaitan dengan pembahasan dalam poin ini, sudah seyogyanya bagi kita untuk berdo’a dengan do’a yang pernah dibaca oleh Tamim Ad-Dari bin Habib, yaitu do’a yang diajarkan oleh Nabi Khidir kepadanya sekembalinya Tamim dari suatu tempat akibat dibawa oleh jin. Lafazh do’anya sebagai berikut:

“Ya Allah, jadikanlah kami merasa puas dengan rizki yang Engkau berikan kepada kami; peliharalah kami dari apa yang telah Engkau larang; janganlah Engkau menjadikan kami orang yang membutuhkan pertolongan kepada orang yang telah Engkau jadikan dia tidak membutuhkan kami lagi; kumpulkan kami ke dalam golongan umat Muhammad s.a.w. dan berilah kami minum dari telaganya; jauhkan kami dari perbuatan maksiat; wafatkan kami dalam ketaqwaan; berilah kami ilham untuk senantiasa berdzikir kepada-Mu; jadikanlah kami termasuk ahli waris surga yang penuh kenikmatan; dan bahagiakanlah kami dan janganlah Engkau sengsarakan kami; wahai Tuhan Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan.”

Rasulullah s.a.w. pernah bersabda:
“Puncak keimanan itu ada empat, yaitu sabar terhadap hukum, ridha terhadap qadar, ikhlas dalam bertawakkal, dan berserah diri kepada Allah.” (HR. Abu Nu’aim).

LINE @TeladanRosul
Previous Post
Next Post

1 komentar:

  1. Hi there, I found your web site by means of Google at the same time as searching for a related topic, your site came up, it appears to be like good. I've bookmarked it in my google bookmarks.
    Hello there, simply become aware of your weblog through Google, and located that it is really informative. I am going to be careful for brussels. I'll be grateful if you happen to continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers! paypal login my account

    BalasHapus

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.