26 Januari 2017

Mengatasi Anak yang Suka Membangkang


Siomponk.Com - BANYAK hal yang harus dihadapi orangtua dalam mengurus anak. Salah satunya adalah mengurus anak yang pembangkang.

Bahkan, Anda akan merasa gagal mendidik anak jika mereka selalu membangkang apa yang dikatakan. Untuk mengatasi hal ini, simak ulasannya dilansir dari Popsugar, Kamis (26/1/2017):

Ajarkan sopan santun

Menyakitkan bagi orangtua melihat anaknya lancang. Ajarkan pada anak-anak tentang menghargai orangtuanya dan bertingkah sopan santun. Anak-anak mempelajari sesuatu dari apa yang dia lihat. Karena itu, jika beri contoh yang baik untuk mereka dengan mendengarkan baik-baik ketika mereka berbicara dan katakan secara berulang bahwa tindakannya adalah kasar.

Berikan waktu

Sifat pembangkang pada anak-anak terkadang terbangun karena kemarahan dan frustasi mereka. Sebelum memperingatkan dia, beri waktu agar dia berpikir dan suasana menjadi tenang. Karena, jika Anda memarahinya setelah bertengkar, akan membuat situasi lebih buruk. Setelah tenang dan waktunya memungkinkan, ajak dia berbicara dengan pelan namun tegas tentang perilakunya yang tidak sopan.

Beri hukuman dan hadiah

Anda juga bisa menerapkan hukuman dan hadiah pada anak yang pembangkang. Jika dia melakukannya lagi, beri hukuman yang membuatnya jera. Jenis hukuman bisa disesuaikan dengan karakternya. Sedangkan, jika dia jadi anak yang manis, Anda bisa memberikan hadiah seperti es krim atau mainan. Namun, jangan sampai mereka ketagihan dengan hadiah yang diberikan.

Konsisten dan sabar

Sebagai orangtua, Anda harus sabar mendidik dan menghadapi tingkah laku anak. Meski hal ini tidak mudah. Anak Anda mungkin merasa bosan karena mendengar Anda berbicara hal yang sama berulang-ulang. Namun, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat mereka sadar bahwa yang dilakukan adalah salah.

Sumber : Okezone
Previous Post
Next Post

Hal terpenting dalam pacaran adalah bukan dari Perbedaan Umur...
Tapi yang terpenting adalah Perbedaan Kelamin...

0 komentar:

PERATURAN BERKOMENTAR:

- Gunakan BAHASA yang baik dalam berkomentar
- Dilarang SPAM dalam berkomentar
- Dilarang SARA dan SARU dalam berkomentar
- Dilarang OOT dalam berkomentar

Jika terdapat hal demikian pada komentar anda, kami akan menghapus komentar anda tersebut.